Thai Phui Ji, Rujak Khas Singkawang Sing Ada Lawan

rujak, Thai Phui Ji, ebi, terasi, Singkawang, Bong Ko, Choi Pan, Bubur, Sop Mi, San Khew Jong

 


Teks dan gambar oleh : Tina Lie, Kontributor BORDER NEWS

Rujak lain sudah biasa! Berbeda dengan rujak Thai Phui Ji, luar biasa…

Pengalaman pertamaku mencoba rujak yang terkenal di Singkawang ini. Rujak yang sudah 33 tahun berjulan ini memang tidak dipungkiri untuk pelanggannya. Buka pukul 11 siang sampai 5 sore benar-benar tidak pernah sepi pelanggan.

Harga seporsi rujak buah 25.000/porsi dan es kacang ijo 5.000/gelas. Makan satu porsi saja sudah membuat kita mengingat untuk “Kalau ke Singkawang ke sini lagi lah…”

Aku mengunjungi tempat itu sekitar pukul 1 siang. Sesampai di sana, orang-orang sudah mengantri banyak sekali. Di dekat pembuat rujak tertera daftar harga, selain rujak di sana pun ada makanan dan minuman, seperti Bong Ko, Choi Pan, Bubur, Sop Mi, dan aneka minuman.

Baca Es Pisang Ijo

Karena terkenal dengan rujaknya, aku memesan rujak buah dan minuman es kacang hijau. Aku menunggu waktu yang tidak seperti menunggu penjual rujak lain. Kali ini cukup lama, kira-kira setengah jam untuk bisa mendapatkan rujak buah itu. Bukan karena pembuat rujak yang lama membuatnya, namun antre yang sangat panjang.

 Rujak Thai Phui Ji sing ada lawan itu.

Rasa rujak Thai Phui Ji memang berbeda dengan rujak yang pernah aku makan. 

Bumbu ebi dan terasi yang khas membuat rujak ini semakin MANTUL ! (Mantap Betul), dan tak lupa emping melinjo ditambahkan sebagai topping rujak. 

Ini terlihat aneh, tapi coba dikombinasikan makan rujak lalu menggigit emping melinjo. Eh, jangan lupa makannya pakai sumpit.

Wah, ternyata perpaduan yang ENDULITA…

Baca Tomak, Nikmatnya Warkop Cina Di Kalimantan Utara

Harga seporsi rujak buah 25.000/porsi dan es kacang ijo 5.000/gelas. Makan satu porsi saja sudah membuat kita mengingat untuk “Kalau ke Singkawang ke sini lagi lah…”

 Rujak Thai Phui Ji. Pasti bikin Anda kembali lagi.

Kota San Khew Jong (Singkawang), kata orang Hakka, ini memang cocok untuk kamu berburu kuliner, salah satunya Rujak Thai Phui Ji.*)

LihatTutupKomentar
Cancel