Di Kuching RAT Puskhat Itu Dihelat

Puskhat, Credit Union, Rapat Anggota Tahunan (RAT), ekonomi, koperasi
Primus S.Lase memotong penghalang, upacara potong pantan orang Dayak sebagai simbol memutus aral melintang agar jalan ke depan lempang.


KUCHING
- Laporan Kontributor BorderNEWs, R. Musa Narang
Siang itu Kamis, 13 April 2023. Cuaca di kota Balai Karangan, kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau sangat cerah, bahkan terasa menyengat. 

Tapi cuaca yang panas menyengat itu tidak mengurangi antusiasme panitia dan masyarakat Balai Karangan dalam menyambut para kontingen peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi Kredit (PUSKOPDIT) Khatulistiwa di halaman Kantor Pusat CU Mura Kopa. Tahun ini mereka mendapat giliran sebagai tuan rumah.

Gedung Kantor Pusat CU Mora Kopa yang besar tampak semakin megah. Dengan halamannya yang luas dan telah dipasang tenda besar dengan podium serta Baliho ucapan “Selamat Datang” tampak mencolok adalah saksi berlangsungnya event tahunan nan bergengsi ini.

Peserta RAT disambut dengan upacara Adat, seorang tetua adat tampak “bebiau” dengan seekor ayam jantan terhadap semua peserta RAT yang diwakili oleh 2 orang penasihat Puskhat (Munaldus dan Robby Tulus) dan GM.Puskhat, Primus S.Lase. Selanjutnya, GM.Puskhat didaulat untuk memotong “Pantan” (memutus aral yang melintang) yang terbuat dari bambu muda dengan sebilah mandau/ nyabur. Pertanda jala ke depan akan lempang. Bebas hambatan dari apa pun juga. 

Selanjutnya dapat ditebak semua peserta mengikuti ritual minum tuak, dimulai dari para petinggi. Berikutnya adalah acara seremonial: Tuan rumah menyampaikan Kata Sambutan Selamat datang (Welcome Speech) kepada semua tamu undangan yang datang, di-ikuti dengan sambutan “pejabat” yang lain. Robby Tulus yang adalah salah satu Bapak Pendiri (Faounding Father) dan Penasihat  Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) Indonesia Jakarta, datang jauh-jauh dari Canada, yang meruapakan tempat tinggalnya sekarang (walaupun beliau kelahiran Indonesia) untuk menghadiri acara ini dalam kapasitasnya sebagai penasehat Puskhat,Pontianak.


Mengapa Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskhat dihelat di Kuching, Sarawak? Agar tidak bagai kucing dalam karung!


Menurut GM.Puskhat, Primus S.Lase, diundangnya Prof.Seungkwon Jang, dari Universitas Sungkonghoe, Korea Selatan adalah atas saran Robby Tulus, mengingat Credit Union di Korea Selatan maju secara mengesankan dan Puskopdit Khatulista dengan jaringannya yang sedang mengembangkan konsep “spin off” (pemekaran Credit Union dengan membentuk Koperasi Sektor riel : Koperasi Produksi, Koperasi Konsumsi, Koperasi Jasa dan Koperasi serba usaha atau multipihak), ingin menimba ilmu dari Korea Selatan.

Seperti diketahui bahwa Puskopdit Khatulistiwa adalah Koperasi Sekunder Credit Union (tingkat wilayah/Propinsi), yang didirikan pada tanggal 18 Juli 2009, di Kantor Pusat CU.Keling Kumang, Kampung Tapang Sambas, yang merupakan “pemekaran” dari Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCUK) Pontianak saat itu. 

Lahirnya Puskopdit Khatulistiwa tidak lepas dari adanya “dinamika kelembagaan” yang terjadi saat itu. Saat ini Puskopdit Khatulistiwa beranggotakan 7 Credit Union Primer, yaitu : CU Mora Kopa dan CU. Banuri Harapan Kita (Baharta) di Kabupaten Sanggau, CU. Semandang Jaya dan CU.Pancur Solidaritas di Kabupaten Ketapang, CU.Keling Kumang dan CU.Nyai Anta di Kabupaten Sekadau dan CU.Tri Tapang Kasih di Kabupaten Kapuas Hulu. Puskopdit Khatuliswa berkantor di Jln.MT.Haryono (dekat Mesjid Mujahidin) Pontianak. Baca https://www.bordernews.id/2023/04/opini-tentang-pendidikan-di-perbatasan.html

Berbeda dengan penyelenggaraan RAT Puskhat sebelumnya, yang “notabene” diadakan di wilayah kerja tuan rumah, misalnya tahun lalu (2022) tuan rumah CU Tri Tapang Kasih Sejiram memilih kota Putussibau sebagai tempat kegiatan RAT.

Kali ini RAT PUSKHAT diadakan di luar negeri, di Kuching Malaysia, wow!. Bisa jadi alasannya karena Balai Karangan, Kecamatan Sekayam letaknya “di batas negeri” yang jaraknya “hanya sepelempar batu”, sehingga sangat mudah dijangkau; tambahan lagi negeri jiran memiliki segudang magnet yang menyebabkan banyak orang ingin berbondong-bondong datang untuk menikmati keunikannya.

Kontingen CU Pancur Solidaritas Ketapang.

Hitung-hitung berapat ( ber-RAT), sekaligus berwisata sebelum atau sesudah kegiatan RAT. Keputusan yang cerdas! Tambahan lagi bagi peserta yang belum pernah ke luar negeri, kesempatan ini adalah keniscayaan sekalian “cuci mata” dan menambah wawasan; yang jelas pasti menambah keceriaan setelah menjalani rutinitas yang panjang di lembaganya masing- masing.

Selesai kegiatan penyambutan dan upacara pembukaan di Kantor Pusat CU Mura Kopa di Balai Karangan, setelah melepas lelah dan menikmati hidangan siang maka para peserta RAT Puskhat berkonvoi menuju perbatasan Indonesia - Malaysia di Entikong, yang sekarang sudah dibangun sangat apik dimasa pemerintahan Presiden Jokowi. 

Setelah menyelesaikan urusan administrasi di Imigrasi kedua negara (Entikong - Tebedu), maka rombongan itupun meluncur ke ibu kota negara bagian Serawak, Malaysia, Kuching. Kegiatan RAT Puskhat dilaksanakan di hotel bergengsi “Imperial Hotel” Kuching, Malaysia. 

Para peserta setelah mendapat kamar masing- masing, boleh “cuci mata” menikmati “Water Front” di sekitar Hotel, jepret sana sini untuk “update status” atau posting di media sosial.

Prof. Dr.Neilson Ilan Mersat beraksi dimoderatori Stefanus Masiun.

Kegiatan RAT Puskhat berlangsung selama 2 hari, hari pertama Jum’at, 14 April 2023 disebut juga PRA RAT dan hari Sabtu, 15 April 2023 : Kegiatan RAT. Kegiatan Pra RAT di-isi dengan seminar dengan beberapa sesi seperti : sesi pertama menampilkan Prof. Seungkwon Jang, dari Universitas Sungkonghoe, Korea Selatan sebagai Narasumber-kunci (Keynote Speaker) dengan materi berjudul“ Member’s Economic Empowerment Throught Social Performance”, dengan Moderator Robby Tulus. 

Sesi berikutnya menampilkan Prof. Dr.Neilson Ilan Mersat, dari Universitas Malaysia Sarawak (Unimas), dengan Materi bertopik: “Nusantara dan kemakmuran bersama Malaysia - Indonesia”, dengan Moderator Dr.Drs.Stefanus Masiun,SH., ME, Ketua Pengurus Puskhat, yang juga Rektor Institut Teknologi Sekadau. 

Selanjutnya, dilakukan Diskusi Panel dengan topik :”Resiliensi Credit Union dalam Menghadapi Resesi”, dengan menampilkan 3 panelis yaitu Markus Ariyanto,S.Pd,.MM (GM CU.Semandang Jaya), Ridwan,SE (Manager CU.Pancur Solidaritas) dan Valentinus,S.Sos.,MM (CEO CU.Keling Kumang), yang dipandu oleh GM.Puskhat, Primus S.Lase, S.S.T., MM. 

Selesai Seminar hari ini, dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba antar CU.Primer anggota Puskhat, diselingi dengan berbagai acara hiburan dan besok paginya adalah acara puncak, RAPAT ANGGOTA TAHUNAN di tempat yang sama. 

Selamat berseminar dan rapat anggota. Untuk mewujudkan kesejahteraan anggota yang semakin baik. Bravo Puskopdit Khatulistiwa.*)

 

 

LihatTutupKomentar
Cancel