Ketawa Cara Dayak: Tanah Adat

Tanah adat, Dayak, mati ketawa

 


Salah satu syarat-wajib menjadi seorang penulis adalah jujur menyebutkan sumber, bila itu bukan kisah anonim, atau bukan asli temuannya.

Nah, jujur saya menyebut, anekdot ini ciptaan kawan rapat, teman main, sekaligus kawan kuliahku. Namanya: Nico Andasputra. Anekdot ini saya bahasakan-kembali.

Syahdan, Nico yang sebenarnya tampan waktu bujang dan senang nulis juga, pernah membawa tanah Borneo untuk diteliti di laboratorium sebuah Institut Pertanian top di Jawa. Sesampainya di Lab, tanah sampel dari Borneo pun diteliti jenisnya apa.

Dimasukkan dalam komputer untuk diidentifikasi. Para peneliti cukup mengetik “jenis tanah”, lalu komputer menjawab Ya/Tidak. Karena Lab menggunakan uji secara komputerisasi, maka 28 jenis tanah diuji secara urut kacang, atau alfabetis, mulai dari jenis tanah abjad A.

1.  Aluvial: Jawaban komputer: Tidak!

2. Andosol: Jawaban komputer: Tidak!

3. Laterit: Jawaban komputer: Tidak!

4. Laterit (Tanah Merah): Jawaban komputer: Tidak!

5. Organosol: Jawaban komputer: Tidak!

6. Podsolik Merah Kuning: Jawaban komputer: Tidak!

7. Terarosa (Tanah Kapur): Jawaban komputer: Tidak!

7. Vulkanis: Jawaban komputer: Tidak!

Begitu seterusnya, sudah 28 jenis tanah di Indonesia dimasukkan dalam komputer. Jawabannya sama: Tidak!

Maka menjadi bingunglah para tenaga laboran. Para profesor pakar pertanahan pun dipanggil. Mereka diskusi ramai sekali. “Tidak pernah kita uji-lab begini rumit. Hanya tanah Borneo yang aneh, gak masuk-masuk dalam daftar.”

“Ya, jangan-jangan ini tanah baru!” kata profesor yang lain.

“Coba ketik menu: Lain-lain!” usul salah seorang profesor tanah, kebetulan dia ini tidak linier, S-1nya Jurusan Mesin Fotokopi, S-2 Ilmu Ternak Jangkrik, S-3 Baru Ilmu Tanah.

Maka diketiklah “Lain-lain” dan komputer meminta: Isi sendiri jenisnya.

Diketik: Tanah Tuhan. Jawaban komputer: Tidak!

Diketik lagi: Tanah surga. Jawaban komputer: Tidak!

Lagi: Tanah Wakaf: Jawaban komputer: Tidak!

Lagi dan lagi diketik: Tanah sitaan. Jawaban komputer: Tidak!

Dicoba sekali lagi, jangan-jangan ini yang benar:

Tanah sengketa: Jawaban komputer: Tidak!

Tanah kuburan: Jawaban komputer: Tidak!

Tanah warisan: Jawaban komputer: Tidak!

Tanah Terjanji: Tidak ada jawaban. Terdengar “ting”. Seorang profesor yang cerdas menduga, jangan-jangan disuruh mengetik yang ke arah-arah itu. Maka diketik:

Tanah air: Jawaban komputer antara Ya/Tidak. Ada bunyi “ting”, dan lampu kuning hijau berkedip-kedip. “Nah…. temuan kita mendekati!” seru para peneliti, girang.

Lalu iseng, seorang profesor yang pernah sekali datang meneliti di Kalimantan, yang selembar pun tak punya rambut, menghampiri komputer dan mengetik: TANAH ADAT.

Lalu iseng, seorang profesor yang pernah sekali datang meneliti di Kalimantan, yang selembar pun tak punya rambut, menghampiri komputer dan mengetik:

Maka semua menjadi takjub. Lampu hijau menyala. Bersamaan dengan itu, muncul di layar komputer jawaban: Ya!

LihatTutupKomentar
Cancel